Pages

  • The open-world action in Need for Speed Most Wanted gives you the freedom to drive anywhere, discover hidden gameplay, meet up with your friends or just hang out and toy with law enforcement.
  • Improved career mode, enhanced online gameplay and sophisticated artificial game intelligence are just some of the features in this edition, aiming to provide the most authentic Football experience to date.
  • Internet Download Manager (IDM) is a tool to increase download speeds by up to 5 times, resume and schedule downloads.
  • AVG's updates for 2013 look to the future while struggling to overcome the problems of the past.

Saturday, April 27, 2013

Cara membuat pantun

Cara membuat pantun sebenarnya sangat mudah jika kita mengerti apa yang akan kita jadikan pesan dalam isi sebuah pantun. Namun nyatanya membuat pantun ternyata membutuhkan kemampuan bahasa Indonesia yang baik, terutama kemampuan menuliskan kata kata yang cocok. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita menguasai banyak kosakata bahasa Indonesia sekaligus mengerti cara menempatkan kosakata yang tepat.


Untuk itu, berikut ini adalah tips cara membuat pantun yang "mungkin" bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang sangat suka mengungkapkan kata dengan pantun.

MENENTUKAN TEMA PANTUN


Ya, bagaimanapun juga sebuah pantun memiliki sebuah tema yang akan dijadikan isi pantun. Jika kita sudah menentukan tema pantun, apapun pantun yang akan kita tulis, baik itu pantun nasehatpantun jenakapantun cinta, dan pantun pantun lainnya, pastilah kita sudah siap apa yang harus kita tulis nanti.

MENULISKAN ISI PANTUN TERLEBIH DAHULU


Setelah kita sudah menentukan tema pantun yang akan kita tulis, barulah kita langsung mencoba menuliskan pantunnya secara langsung. Namun jangan kita mengawali tulis bagian sampiran pantun terlebih dahulu karena nanti kita akan kesulitan membuat isi pantunnya. Alangkah baiknya kita menuliskan isi pantunnya terlebih dahulu.

Misalnya saja kita akan membuat pantun nasehat, kita seharusnya menuliskan isi nasehatnya terlebih dahulu. Contoh :

Jangan makan makanan yang haram
Karena itu dosa dilarang agama

Nah, dua baris kalimat di atas adalah isi pantun nasehat yang akan kita jadikan pantun empat baris. Jadi kita tinggal menuliskan dua baris pertama sebagai sampiran pantunnya. Kalau sudah ada isinya kan kita tinggal mencocokkan kata katanya saja, misalnya saja :

Jangan makan makanan yang haram (terakhir nada ram)
Karena itu dosa dilarang agama (terakhir nada ma)

Maka kita bisa menuliskan sampiran pantun seperti di bawah ini :

Ke kota Medan mencari garam (terakhir nada ram)
Tapi malah membeli delima (terakhir nada ma)

Nanti pantun kita kan jadi cocok seperti isi pantun nasehatnya.

Ke kota Medan mencari garam
Tapi malah membeli delima
Jangan makan makanan yang haram
Karena itu dosa  dilarang agama

MEMBUKA KAMUS RIMA

Kamus rima adalah kamus yang berisi nada-nada kata yang bisa menjadikan tulisan kita enak didengar seperti lagu. Namun sayangnya saya sendiri belum menemukan kamus rima berbahasa Indonesia. Padahal bagi kita yang sangat mencintai sastra, kamus ini begitu berguna sekali. Hmm.. tapi tidak apalah, sebagai gantinya kita bisa mencari kata kata berbahasa Indonesia dalam KBBI kok.. :D

No comments:

 

Total Pageviews

Search This Blog